Knowledge

TUTORIAL XAMPP PADA WINDOWS

Selain WampServer, masih terdapat lagi salah satu web server yang cukup terkenal dan banyak diminati oleh orang yaitu XAMPP. Sama seperti web server yang lain, XAMPP juga mem-bundle sejumlah aplikasi seperti Apache, PHP dan MySQL guna untuk bisa menjalankan coding PHP ataupun CMS seperti Joomla dan WordPress di komputer melalui localhost. Selain itu, XAMPP juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu cross-platform dimana XAMPP memiliki versi untuk OS Windows, Linux, Mac OS X dan Solaris. Tentunya bukan suatu masalah lagi untuk melakukan konfigurasi jika menggunakan XAMPP dengan OS lebih dari satu. Terdapat juga XAMPP versi Lite yang memungkinkan menjalankan web server melalui USB Flashdisk.

Kali ini, penulis akan menjelaskan langkah demi langkah instalasi XAMPP pada Windows dengan versi 1.7.7 yang merupakan versi terbaru saat artikel ini diturunkan.

  1. Jalankan installer XAMPP. Anda bisa download versi terbaru dari sini.
  2. Pilih bahasa yang ingin digunakan pada saat proses instalasi kemudian klik Ok.Pemilihan Bahasa
  3. Klik Next untuk melanjutkan.Proses Instalasi
  4. Berikut Anda bisa menentukan lokasi XAMPP. Klik Next untuk melanjutkan.Pemilihan Lokasi XAMPP
  5. Selanjutnya merupakan pembuatan Shorcut pada Desktop dan Start Menu. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan Apache, MySQL dan Filezilla secara otomatis setiap kali Windows dijalankan dengan mencentang bagian Service (Anda bisa melakukan pengaturan ini lagi ketika selesai melakukan instalasi). Klik Install untuk memulai proses instalasi.Pembuatan Shortcut dan Pemasangan Service
  6. Proses intalasai sedang berjalan. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.Proses Instalasi Mulai Berjalan
  7. Sampai di sini, proses instalasi telah selesai. Silahkan klik Finish untuk mengakhirinya.Proses Instalasi Selesai
  8. Silahkan klik Yes untuk menjalankan XAMPP Control Panel.Klik Yes Untuk Menjalankan XAMPP Control Panel
  9. Berikut merupakan tampilan dari XAMPP Control Panel.Tampilan XAMPP Control PanelTampilan XAMPP Control Panel

    Untuk mengaktifkan web server, silahkan tekan Start pada Apache dan MySQL. Anda sudah bisa mulai menggunakan XAMPP setelah menampilkan tulisan “Running”.

    Setelah Mengaktifkan Apache dan MySQL

    Setelah Mengaktifkan Apache dan MySQL

Untuk mengetahui apakah XAMPP telah berjalan dengan benar, silahkan jalankan browser kemudian jalankan http://localhost/ ataupun http://127.0.0.1/. Browser akan menampilkan sebuah halaman dimana meminta Anda untuk memilih bahasa yang akan digunakan pada XAMPP. Silahkan klik salah satu bahasa untuk melanjutkan.

Pilih Bahasa Untuk XAMPP

Pilih Bahasa Untuk XAMPP

Setelah itu, bila browser menampilkan halaman sesuai dengan gambar berikut ini maka XAMPP telah berjalan dengan benar. Anda sudah boleh memulai men-develop website ataupun meng-install CMS dengan meletakkan file PHP di dalam directory xampphtdocs.

Tampilan Utama XAMPP Pada Browser

Tampilan Utama XAMPP Pada Browser

Bila Anda ingin menjalankan Apache dan MySQL secara otomatis pada saat Windows dijalankan tetapi Anda tidak mengaktifkan opsi tersebut pada saat melakukan instalasi, Anda mengaktifkannya dengan mencentang bagian Svc di Apache dan MySQL pada XAMPP Control Panel kemudian tekan Yes untuk mengaktifkan opsi tersebut. Pastikan Apache dan MySQL tidak diaktifkan sebelum mencentang.

Opsi Service Pada XAMPP

Opsi Service Pada XAMPP

Sekian langkah-langkah instalasi XAMPP pada Windows. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda terutama para pemula yang ingin memulai mencoba PHP ataupun CMS. Bila terdapat pertanyaan ataupun masalah mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan pesan Anda di bagian Comment. Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s